Menggunakan Konten Berkualitas Untuk Menjaring Konsumen
Jumat, 01 Januari 2016
Edit
Konten merupakan salah satu strategi terpenting yang digunakan di
inbound marketing yang merupakan konsep bagaimana cara agar customer
datang menghampiri bisnis kita dengan sendirinya. Fokus terhadap cara
untuk menjalin hubungan baik dengan customer potensial yang bertujuan
untuk meningkatkan transaksi berikut mengoptimalkan kepuasan customer
yang berujung “word of mouth”.
Sebelum melakukan pembuatan konten dalam aktivitas inbound marketing,
kita harus mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan dan dianggap
penting oleh customer. Melakukan pembuatan konten yang memiliki potensi
besar untuk dicari customer saat akan membeli produk/layanan dari bisnis
milik kita. Lalu konten-konten apa saja yang bisa kita buat untuk
menjaring lebih banyak customer, berikut ini merupakan beberapa
rekomendasi konten yang dapat dibuat :
Penggunaan Konten Artikel Pada Blog
Menggunakan blog pada website ecommerce merupakan cara yang paling
mudah namun memiliki benefit terbaik untuk mengundang customer potensial
ke website anda, yang tipe kontennya adalah sebagai berikut :
1. Artikel mengenai aktivitas bisnis
Kita dapat membuat artikel mengenai program-program yang ada pada
bisnis milik kita seperti artikel yang berisi hal-hal yang dilakukan
perusahaan untuk memperbaiki layanan penjualan, kerjasama dengan
perusahaan pihak ke tiga, perubahan fitur pada website dan hal terkait
lainnya, dimana hal tersebut akan membantu customer untuk mengenali
secara personal seberapa besar kepedulian perusahaan kita terhadap
customer, berikut meningkatkan kredibilitas perusahaan baik secara
langsung maupun tidak langsung.
2. Artikel mengenai cara, panduan dan tips
Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengundang
ketertarikan customer, contohnya kita dapat membuat artikel mengenai
tips cara menggunakan produk yang kita jual sehingga customer akan
teredukasi dengan baik atau customer dapat tertarik untuk membeli produk
karena memahami fungsi dan fitur yang selama ini customer tidak
mengetahui adanya hal tersebut.
3. Artikel mengenai berita umum
Produk yang kita jual tentunya memiliki berita-berita rilis terbaru
yang dibuat oleh vendor/supplier apabila produk tersebut merupakan
produk dengan brand yang cukup terkenal. Hal tersebut dapat kita jadikan
sebagai bahan pembuatan konten untuk menarik perhatian customer.
Sehingga akan memberikan kesan kepada customer bahwa website ecommerce
bisnis milik kita merupakan website yang selalu menjual produk yang up
to date.
4. Artikel Mengenai Produk
Membuat bahasan mengenai produk yang kita jual mulai dari ukuran,
fungsi, warna, harga, dan hal terkait lainnya tentunya akan menjadi hal
yang berguna bagi customer yang akan membeli produk tersebut. Selain itu
kita dapat menggunakan konten dari review customer yang telah
menggunakan produk tersebut dengan menggabungkan lebih dari 1 review
customer untuk dijadikan 1 artikel.
Penggunaan Konten Video
Video merupakan konten visual yang memiliki daya tarik cukup hebat
untuk mengundang ketertarikan customer, beberapa contoh konten video
yang dapat dibuat adalah sebagai berikut :
1. Video mengenai detail produk
Detail mengenai produk yang diperlihatkan dalam video berdurasi
pendek akan membuat customer lebih memahami produk yang akan mereka beli
dan setidaknya akan membuat mereka menjadi lebih yakin saat akan
melakukan keputusan membeli. Video yang dibuat bisa mengenai desain
detail produk hingga bentuk dan perbandingannya dengan produk lain yang
sejenis.
2. Video mengenai penggunaan produk
Melakukan pembuatan video mengenai kinerja produk yang kita jual juga
akan membantu customer dalam menentukan keputusan pembelian suatu
produk. Misalnya untuk produk elektronik, kita bisa melakukan pembuatan
video berdurasi pendek mulai dari saat produk tersebut dinyalakan, mulai
digunakan dan dimatikan.
Inti dari artikel ini adalah website bisnis berjenis apapun yang kita
miliki, sangat memerlukan adanya kepercayaan dari customer mengenai
kredibilitas dan apabila faktor tersebut berhasil kita raih maka hal
tersebut akan menjadi trigger untuk mengundang lebih banyak potensial
customer ke website bisnis milik kita.
Sumber: http://www.ryowibowo.com