Ini Dia Fakta Tentang Iklan online, Anda Pasti Kaget
Selasa, 19 Januari 2016
Edit
Saat ini bukanlah jalan raya saja yang penuh dengan baliho-baliho
iklan besar berbagai produk. Bahkan saat Anda mengakses website, media
sosial, maupun forum umum, disisi tertentu sudah terisi oleh iklan.
Tidak perlu munafik karena pihak pengelola atau pemilik website pastinya
membutuhkan penghasilan dari iklan. Bahkan sebelum Anda melakukan
buffering video di YouTube Anda harus rela menunggu beberapa detik
karena adanya iklan.
Mungkin ada iklan di YouTube yang tidak dapat dilewati alias harus
ditonton penuh dari awal hingga akhir. Memang rasanya tidak mungkin
sebuah website dapat untung bila tidak memiliki iklan. Hal inilah yang
membuat kadang-kadang pemilik web harus melakukan strategi tertentu agar
web mereka dikunjungi banyak orang dan memungkinkan tautan iklan di
klik pengunjung.
Tidak salah memang, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak
fakta unik, menarik dan fakta mengagetkan tentang iklan online di
internet. Dalam artikel ini kami akan khusus membahas tentang pengaruh
iklan online, efektivitas dan berbagai hal yang dianggap unik tentang
iklan online.
1. Iklan Dianggap Pengganggu
Oleh hampir sebagian visitor sebuah website, iklan dianggap sebagai
pengganggu saja. Setuju atau tidak pendapat ini, Anda harus menerimanya.
Ya, mungkin karena visitor bertujuan mengunjungi halaman Anda untuk
membaca dan menikmati konten bukan untuk membeli sesuatu.
Itulah mengapa kebanyakan visitor tidak terlalu fokus pada iklan atau
bahkan sama sekali tidak merespon seperti meng-klik. Padahal setiap
owner website mengharapkan agar pengunjung juga meng-klik iklan tautan
yang terpasang. Jangan heran bila pendapatan Anda kurang besar karena
kebanyakan visitor tidak memperdulikan iklan Anda.
2. Iklan Kontekstual Sedikit Lebih Efektif
Dibandingkan iklan yang tidak tertarget, ternyata iklan kontekstual
lebih sedikit efektif. Itu karena seorang visitor sedang mengunjungi
sebuah halaman yang membahas tentang bidang yang disukainya. Kemudian
muncul sebuah iklan yang relevan dengan pembahasan konten. Setidaknya
visitor akan sedikit penasaran dengan iklan yang muncul, kemudian
meng-kliknya.
Itulah mengapa ada banyak artikel yang menyarankan bahwa lebih baik
Anda membuat Niche Blog dengan iklan kontekstual dibandingkan Blog
campuran dengan iklan yang tidak relevan. Penghasilan Niche Blog
biasanya lebih besar.
3. Tidak Membeli Dari Iklan
Seorang pengunjung website Anda mungkin sesekali meng-klik tautan
iklan yang terpasang. Umumnya mereka hanya melihat-melihat produk dan
beberapa diantaranya tertarik untuk membeli. Tetapi untuk hal membeli
dianggap tidak banyak, karena tidak semua orang langsung tertarik dengan
produk pada iklan kemudian membelinya. Padahal ia hanya sedang
iseng-iseng browsing artikel.
Pada dasarnya jika seseorang berniat membeli barang secara online,
mereka lebih suka langsung mencarinya melalui Google dan melihat mana
hasil yang paling relevan. Kemudian memilih mana toko online yang
dianggap memiliki produk yang diinginkan dan membanderolnya dengan harga
pas. Itulah mengapa pentingnya sebuah toko online untuk melancarkan
strategi SEO secara maksimal ketimbang membuang-buang uang banyak untuk
menempatkan tautan di web milik orang lain.
4. Iklan Pop-up Dianggap Paling Mengganggu
Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama bahwa kebanyakan
jenis iklan online mengganggu dengan berbagai alasan. Bahkan ada yang
beralasan bahwa iklan membuat akses loading lebih berat. Namun tahukah
Anda bahwa yang namanya iklan pop-up dicap sebagai jenis iklan online
yang paling dan sangat mengganggu.
Iklan pop-up adalah iklan yang muncul dengan jendela dan biasanya
muncul secara tiba-tiba apabila Anda mengunjungi suatu halaman website.
Selain mengagetkan kemunculannya, iklan pop-up juga mengganggu karena
sering tidak sengaja ter-klik dan kemunculannya di bagian tengah
halaman. Silahkan cari di Google, ada banyak artikel yang membahas
tentang bagaimana cara memblokir pop-up.
5. Toko Online Besar yang Lebih Berkuasa
Mungkin Ada sering kali melihat sebuah iklan online dari perusahaan
E-commerce tertentu. Ya, memang pada akhirnya sebuah toko online besar
dianggap berkuasa karena terposting pada banyak sekali halaman web
karena memakai program Google Adsense.
Artikel terkait :
Iklan online memang serba pro-kontra. Disaat pemilik web membutuhkan
pendapatan dari iklan, namun kebanyakan visitor menganggap iklan
hanyalah sebuah pengganggu saja.
Terimakasih Sudah Membaca Artikel Ini, Semoga Bermanfaa'at buat kalian dan Pembaca lainnya.
Tag: Bisnis Online.