6 Cara Merekam Video Menggunakan Smartphone

Tips merekam video menggunakan smartphone
Sumber: 6 Tips merekam video menggunakan smartphone

Video blog biasa disingkat vlog adalah sebuah blog yang bermediakan video. Apabila kalian sering mengunjungi situs #YouTube, tentu sudah mengenal apa itu vlog. Sedangkan Vlogger itu sendiri berarti orang yang membuat vlog. 
Mahendra Tutorial. - Bagi anda yang sangat suka dengan kegiatan membuat video pasti akan menggunakan kamera yang berkualitas tinggi agar kualitas video tersebut menjadi lebih bagus, namun bagaimana bagi para pengguna smartphone yang ingin membuat video dengan kualitas yang bagus dan terlihat profesional? Di artikel kali ini saya akan membahas tips untuk merekam video dengan mengunakan smartphone. Kebanyakan mereka yang sering bikin video kemudian diupload ke Youtube pasti menginginkan kuallitas dan hasil video yang bagus, nah mereka inilah yang dinamakan Vlogger.

Sedikit mengulas tentang Vlog,  Vlogging (istilah para vlogger membuat vlognya) biasanya dilakukan dengan berbicara di depan kamera menceritakan tentang sesuatu yang ia suka, berbicara berbagai tips, berbagi apapun yang ada di dalam pikiran, montase, bahkan ada pula yang membuat klip seperti film. Sekarang ini, vlogger biasanya membuat vlog secara regular, harian, mingguan atau bahkan bulanan. Ada pula istilah take-a-long vlogging yang berarti vlogger yang menceritakan kesehariannya dalam durasi yang panjang, seperti pergi ke mall, kemudian mengendarai sepeda motor, lalu, pulang ke rumah dan tidur yang dimuat dalam sebuah video. Kemarin sudah saya posting sebuah artikel dengan judul Bersujud di Marseille Kota di Pesisir Tenggara Paris yang mana sedang booming untuk saat ini.

Seiring perkembangan teknologi khususnya di Indonesia, pasti sudah banyak beberapa merk smartphone terkenal yang mengusung spesifikasi yang cocok untuk membuat video bahkan bisa menggantikan kamera. Inilah Lima Mitos Salah Tentang Halloween artikel lebih menarik selanjutnya.

Lumayan bukan?
Namun, walaupun anda sudah menggunakan smartphone yang mengusung spesifikasi yang bagus untuk membuat video, apakah hasilnya akan terlihat lebih profesional? Atau biasa saja? Atau mungkin menjadi video anda lebih buruk dibanding hasil video dengan smartphone lainnya? Sudah seharusnya anda mengikuti 6 Cara berikut agar kualitas video akan terlihat bagus dan profesional.

1. Perhatikan kamera Smartphone yang anda gunakan

Perhatikan kamera Smartphone yang anda gunakan
Sumber: Belajar menjadi seorang Vlogger diyoutube
Sudah pasti dalam membuat video menggunakan smartphone akan mengandalkan kamera smartphone tersebut, karena kamera pada smartphone anda akan sangat amat berpengaruh terhadap hasil dari video yang anda buat.

Hal yang anda harus lakukan adalah untuk mengoptimasi atau memperpadukan hardware dan software pada smartphone tersebut, anda juga jangan hanya mengandalkan sensor kamera saja, karena banyak faktor yang penting juga agar video anda terlihat bagus. Jika anda sudah serius ingin membuat video namun menggunakan smartphone secara profesional maka anda harus membeli smartphone yang menggunakan kamera high-end.


2. Gunakanlah alat bantu seperti Monopod dan Tripod

Monopod dan Tripod Untuk Smartphone
Sumber: Monopod dan Tripod untuk Video diSmartphone
Nah, jika anda sudah menentukan mana kamera smartphone yang cocok untuk anda gunakan membuat video, maka anda harus menggunakan alat bantu, banyak alat bantu yang bisa mendukung kita dalam membuat video seperti tripod, monopod, dll. Alat bantu seperti tripod dan monopod ini akan membantu anda jika ingin membuat vlog, menjadikan video menjadi fokus, atau agar kamera tersebut tidak goyang atau agar stabil.
Baca Juga: 6 Iklan Alternatif Terbaik Selain Google Adsense

3. Kurangi atau hindari penggunaan fitur zoom

Kurangi atau hindari penggunaan fitur zoom
Sumber: Kurangi atau hindari penggunaan fitur zoom
Sudah kita ketahui bersama kalau fitur zoom itu digunakan untuk menangkap objek gambar yang jauh, memang fitur zoom ini sangat membantu bagi para pengguna-nya. Namun ada juga kekurangannya seperti kualitas gambar pasti berkurang, itu yang menjadikan saya merekomendasikan anda tidak menggunakan fitur zoom.

Jika objeknya itu jauh, maka anda dekatkan saja secara manual, agar kualitas gambar di video tetap terlihat mantap ketika dipandang.

4. Anda harus memastikan cahaya yang didapat

Effek Cahaya untuk bikin Video
Sumber: Effek pencahayaan untuk bikin Video
Tips merekam video menggunakan smartphone keempat adalah dimana anda harus memastikan cahaya, cahaya yang cukup, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan.

Jika cahaya yang kita dapat terlalu terang maka kualitas video juga akan buruk, sama seperti mendapat cahaya gelap maka kualitas video akan buruk juga. Maka dari itu anda sendiri yang harus menentukan apakah cahya di ruangan syuting anda cukup atau lebih atau kurang, pastikan cukup.

5. Pergerakkan smartphone jangan terlalu cepat

Cara pengambilan gambar untuk bikin Video
Sumber: Fokuskan keObjek
Anda harus fokus dalam gerakan tertentu agar kualitas video anda tetap baik. Usahakan pergerakkan smartphone tidak terlalu cepat, pelan-pelan saja, jika terlalu cepat maka video yang anda hasilkan akan terlihat menjadi blur.

6. Gunakan juga beberapa aksesoris tambahan

Gunakan juga Beberapa Aksesoris Tambahan Seperti Led, dan Microfon
Sumber: Aksesoris Smartphone
Tips yang terakhir ini bisa anda terapkan bisa juga tidak, namun alangkah baiknya anda menerapkannya, karena sangat mendongkrak kualitas video yang anda hasilkan. Banyak aksesoris tambahan seperti microfon, lensa, senter, lampu LED, dll. ini Cara Menghasilkan Uang Dari Blog 2016 sebuah artikel yang banyak di minati oleh pengunjung.
Aksesories Smartphone microfon, lensa, senter, lampu LED
Sumber: microfon, lensa, senter, lampu LED

Jika anda sudah menerapkan 6 tips merekam menggunakan smartphone tadi maka kemungkinan besar kualitas video yang anda hasilkan menjadi sangat baik dari pada video sebelumnya, dan memungkinkan untuk sangat bagus untuk di edit dan di upload ke sosial media terutama youtube.

Itulah beberapa tips dari Saya yang bisa Anda coba, kesimpulannya silakan Anda coba semua tips atau cara diatas agar Anda fokus dan mulai merekam video menggunakan smartphone dengan baik. Bila kalian suka dengan artikelnya bisa kalian LIKE, SHARE, dan jangan lupa kalau punya saran, kritik dan lainya kalian bisa teriakan atau catat di kolom KOMENTAR demi kemajuan blog ini.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel