Rahasia 7 Tips untuk Membuat Pengunjung Betah Berada di Blog Anda


   Membuat blog yang mendapat trafik yang tinggi bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika Anda mengharapkan pengunjung yang datang mau berlama-lama berada di blog Anda. Seperti layaknya sebuah tempat di kehidupan nyata, seseorang memang bisa merasa betah berlama-lama atau tidak betah di tempat tersebut. Dalam dunia maya, terutama dalam sebuah blog pengunjung pun bisa merasakan dua hal tadi.

    Tentunya Anda sebagai #blogger sangat mengharap bahwa pengunjung yang datang ke blog Anda bisa betah berlama-lama. Karena jika rata-rata pengunjung blog Anda betah berlama-lama maka Anda memiliki kemungkinan untuk bisa mendapatkan trafik yang lebih besar lagi. Lalu bagaimanakah caranya agar sebuah blog bisa membuat para pengunjung yang datang bisa betah berlama-lama di dalamnya? Berikut ulasannya.

1. Tulis Sesuatu yang Menarik dan Bermanfaat

     Tips pertama untuk bisa membuat pengunjung blog betah adalah dengan menyajikan konten atau tulisan yang menarik dan bermanfaat. Blog yang konsep utamanya menyajikan sebuah media menampilkan tulisan memang mau tak mau harus berintegritas dengan dasar ini. Semakin menarik dan bermanfaat tulisan yang Anda buat maka semakin besar pula kesempatan dan peluang Anda membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda.

2. Install Plugin Related Post

    Tidak jarang pengunjung blog yang datang adalah orang yang sedang mencari tema atau topik tertentu. Nah Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan membuat plugin related post atau plugin yang akan menampilkan postingan lain yang berkaitan dengan tema yang sedang dibaca pengunjung. Hal ini bisa dilakukan oleh pengguna blog wordpress dengan menginstallnya.
 
Dengan adanya plugin ini maka para pengunjung yang memang sedang mencari sebuah tema akan dimanjakan dengan tema-tema sejenis dan akhirnya akan membuat mereka betah berlama-lama di blog Anda.

3. Buat Link Postingan Secara Acak Di Sidebar Blog

    Selain postingan tema sejenis, Anda juga bisa membuat pengujung betah dengan cara menampilkan link postingan secara acak di sidebar blog. Meskipun tidak sejenis, namun tema lain yang mungkin bisa menarik mereka untuk membaca juga layak dicoba. Menampilkan link secara acak ini juga akan membuat postingan lamamu tidak tenggelam dimakan waktu.
 
     Maka tampilkan saja link postingan lama ini di sidebar blog agar pengunjung mendapatkan lebih banyak konten dan bacaan. Jurus ini biasanya ampuh untuk membuat betah pengunjung yang datang secara tidak sengaja dan blogger yang sedang blogwalking.

4. Tampilkan Menu dan Link Postingan Populer

     Cara lain untuk membuat pengunjung yang tidak sengaja menemukan blog Anda atau blogger blogwalking betah adalah dengan menampilkan menu dan link postingan populer. Tentu saja dari sekian banyak postingan akan ada salah satu postingan yang paling sering dibaca oleh pengunjung. Dari sini tampilkan saja menu dan link-nya ditempat yang strategis dan sering dilihat oleh pengunjung.

5. Sediakan Halaman Arsip Blog

   Lebih dari sekedar tampilan postingan sejenis, acak dan populer, Anda juga perlu membuat halaman arsip blog untuk menjadikan pengunjung betah berlama-lama. Halaman arsip blog sendiri adalah sebuah daftar isi yang memuat semua judul postingan yang ada di blogmu. Di halaman ini nantinya pengunjung akan dapat melihat-lihat keseluruhan isi dari sebuah blog.

    Dari sini bisa saja mereka mendapati beberapa judul yang menarik untuk dibaca. Akhirnya pengunjung pun akan bisa bertahan lebih lama berada di blog Anda.

6. Buat Navigasi dan Menu yang Jelas

    Jangan remehkan navigasi dan tampilan menu di halaman utama blog. Jika Anda membuat kedua unsur ini tidak jelas dan berantakan maka kemungkinan besar pengunjung yang akan datang akan segera pergi meninggalkan blog Anda. Maka dari itu cobalah membuat tampilkan navigasi dan menu yang jelas dan mudah terlihat. Ini akan menjadikan pengunjung merasa nyaman dan merasa betah berada di blog Anda.

7. Kreasikan Template yang Rapi Dan Unik

     Tips terakhir untuk membuat pengunjung blog betah berlama-lama adalah dengan menerapkan template yang rapi dan unik. Tampilan dan desain blog memang mempengaruhi tingkat kesenangan dan kebosanan. Maka semakin bagus, rapi dan unik tampilan template blog Anda semakin banyak pula pengunjung yang suka. Dari rasa suka ini maka peluang Anda untuk membuat mereka betah juga akan semakin besar.

Baca Juga:  


oke mungkin ini saja yang dapat saya bagikan hari ini, jika anda ingin bertanya-tanya silahkan beerkomentar di forum bawah.  Byee... Like, Komment, and Share.
Sumber: Maxmanroe

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel