Mengapa Memilih Drupal Bagus Untuk SEO

Apa Itu Drupal? Drupal merupakan salah satu dari sekian banyak free CMS (content management system) yang bisa kita gunakan untuk membuat website, blog bahkan forum. Beberapa website besar seperti Whitehouse.gov dan MTV europe menggunakan Drupal sebagai platform websitenya, dan memang Drupal dirancang untuk website-website yang membutuhkan struktur kompleks.
Mengapa memilih drupal untuk mengoptimalkan SEO website anda?

Baca Juga:
Apa itu SEO? Cara Menggunakannya Gimana?

Drupal memiliki bentuk url yang search engine friendly dengan tipikal clean url dengan pengaturan yang cukup advance apabila dibandingkan dengan wordpress, dimana hal tersebut tentunya akan membantu optimasi search engine. Juga dengan adanya module drupal yang bernama pathauto, dimana modul ini akan bekerja meng-generate url secara otomatis berdasarkan judul dimana hal tersebut akan membantu memudahkan visitor untuk mengingat url web yang menggunakan CMS drupal.
cm-drupal
Hal lainnya adalah sitemap dan taxonomy, dimana sitemap Drupal memiliki sistem taxonomy (pembagian kategori) yang tangguh berikut struktur sitemap yang cukup sempurna untuk memudahkan search engine untuk mengenali struktur website secara tepat.
Berdasarkan data yang saya peroleh dari sumber di internet, berikut merupakan website-website ternama yang menggunakan drupal sebagai platformnya:

– typepad.com
– cj.com
– examiner.com
– go.com
– battlefield.com
– zaobao.com.sg
– encore.org

Untuk jenis tipikal website, drupal sendiri digunakan oleh sedikit website yang umumnya memiliki high traffic, sedikit lebih rendah dibawah vbulletin, berbeda dengan wordpress yang digunakan oleh banyak website yang umumnya low traffic dimana data ini saya peroleh dari w3techs.com. Juga berdasarkan versi drupal yang digunakan, drupal versi 6 adalah versi yang paling banyak digunakan dengan persentase sekitar 50.5%, drupal versi 7 digunakan dengan persentase sekitar 45.3%, versi 5 digunakan dengan persentase sekitar 4% dan terakhir versi 4 digunakan dengan persentase sekitar 0.2% dari seluruh pengguna drupal.

Kehadiran drupal versi 7 pada tanggal 5 januari 2011 membawa beberapa pembaharuan seperti penambahan dan perbaikan beberapa fitur usability. Keleluasaan dalam pengeditan HTML merupakan nilai plus bagi drupal untuk mengoptimalkan SEO, terutama drupal 7 RDF mapping yang akan mengoptimalkan halaman web yang dibuat dengan menggunakan drupal akan semakin semantik.
Memilih drupal atau wordpress untuk SEO?
Sebenarnya baik Google, Yahoo maupun Bing tidak akan memperdulikan anda menggunakan Drupal, Joomla, wordpress atau CMS-CMS lain. Drupal hanyalah sebuah tools, yang akan menyediakan fitur lengkap bagi anda yang akan membuat sebuah website. Satu-satunya hal yang membuat search engine peduli adalah bagaimana kualitas dari isi konten web yang anda buat, konsistensi  dan seberapa berguna isi website anda bagi para pengunjung web.

Mengapa saya memilih wordpress?
Salah satu alasan saya memilih wordpress adalah dikarenakan wordpress merupakan platform yang paling nyaman digunakan ( menurut saya). Didukung oleh plugin-plugin yang lebih dominan free dengan fitur yang cukup istimewa membuat saya cukup jatuh hati kepada platform tersebut.

Tag: Belajar SEO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel