Gunung Berapi di Jepang Berhasil Hentikan Gempa Bumi

Gunung Berapi di Jepang Berhasil Hentikan Gempa Bumi
Sumber: Foto udara Gunung Aso, salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang
Gunung Aso, salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, baru-baru ini membantu menghentikan gempa bumi dahsyat dengan dapur magma di bawah permukaannya.

Mahendra Tutorial.- Ketika gempa berkekuatan 7,1 magnitude mengguncang Kumamoto, Jepang pada April lalu, getarannya menyebabkan retakan yang memanjang hinga 40 kilometer di permukaan Bumi. Setelah diteliti, para ilmuwan menemukan bukti yang menunjukkan bahwa ternyata gempa bumi dahsyat tersebut dihentikan oleh dapur magma di bawah gugus gunung berapi Aso, yang terletak sekitar 30 km dari sumber gempa. sebelumnya saya sudah memposting 6 Surga Tersembunyi Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan  dan Kisah Nyata Perokok Dengan Leher Berlubang.

Temuan ini memberikan para ilmuwan dengan kilasan langka tentang bagaimana dua fenomena geologi, gunung berapi dan gempa bumi, mungkin berinteraksi. Topik ini, menjadi perbincangan menarik di Jepang, mengingat negara sakura tersebut sangat rentan terhadap gempa bumi dan gunung berapi karena terletak di jalur Cincin Api Pasifik. Ada artikel menarik lagi Christmas Decorations In London Are Simply Stunning 2015.

Segera setelah gempa Kumamoto, peneliti mengunjungi pusat gempa dan melakukan penyelidikan terhadap retakan bekas gempa selama sepuluh hari. Dari penyelidikan itu, tim peneliti menemukan retakan baru yang memanjang hingga kaldera Aso, dari barat daya hingga ke tepi timur laut.  Retakan tersebut berakhir pada kedalaman enam kilometer di bawah permukaan.

Penyelidikan aktivitas seismik yang dilakukan pada kedalaman kaldera tempat berhentinya retakan menunjukkan bahwa di bawah sana terdapat ruangan yang mengandung magma.

Gelombang energi gempa yang menuju Gunung Aso bersuhu dingin. Energi ini kemudian bertemu dengan suhu panas ekstrem yang dihasilkan oleh kenaikan magma di bawah gunung berapi. Pertemuan dua suhu ekstrem ini membuat energi buyar ke atas dan luar, sehingga kekuatan aliran gempa berkurang dan peretakan berhenti.

Gunung Aso dijepang Meletus
Sumber: Gunung Aso dijepang

Penulis utama studi, Aiming Lin, profesor di Department of Earth and Planetary Sciences di Kyoto University, Jepang mengatakan, meskipun ini merupakan bukti pertama yang dilaporkan bahwa gunung berapi dapat menghentikan gempa bumi, ada beberapa contoh sejarah yang dapat mewakili aktivitas serupa.

Pada 1707, retakan yang ditimbulkan dari gempa bumi Houei-Tokai-Nankai (8,7 magnitude) memanjang ke arah utara dan tiba-tiba berakhir di sisi barat Gunung Fuji. Sementara pada 1930, retakan akibat gempa bumi North Izu (7,3 magnitude), dihentikan oleh Gunung Api Hakone di Semenanjung Izu. Sebelum artikel ini admin sudah memposting artikel Inilah Lima Mitos Salah Tentang Halloween.

Berdasarkan penemuan ini, bisa dikatakan bahwa sistem magma dalam perut bumi bisa meredam dan menghentikan gempa bumi. Dengan demikian batas gempa bumi bisa diprediksi. Selain itu, penemuan ini juga dapat membantu para peneliti untuk mengantisipasi durasi gempa bumi secara lebih akurat.

“Bagaimana pun, ini hanya satu gempa bumi,” kata Gregory Beroza, seismolog yang menjabat sebagai deputi direktur di Southern California Earthquake Center dan juga profesor geofisika Stanford University .

“Tak peduli seberapa menariknya fakta tersebut, sangat berbahaya jika menyamaratakannya terhadap gempa bumi-gempa bumi lainnya di masa depan.”

Oke semuanya sekian dulu untuk Postingan Tentang Gunung Berapi di Jepang Berhasil Hentikan Gempa Bumi ini. semoga bermanfaat buat kalian dan saya, jangan lupa untuk LIKE, SHARE dan KOMMENT kalau kalian punya saran dan Kritik untuk kemajuan blog ini.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel