Cara Jemput Pengunjung dengan Search Engine

Siapa yang tidak kenal search engine? Google, Yahoo, MSN, dan lainnya? Anda yang mengaku pernah bersentuhan dengan internet pasti tahu apa itu search engine.

Ya, karena semua orang mengandalkan kemampuan search engine untuk browsing. Dengan adanya portal modern ini kita bisa menggali segala informasi tanpa perlu susah payah. Tinggal ketik keyword. Dan berbagai situs web yang relevan akan muncul di hadapan anda.

Well… Saya tidak akan berpanjang lebar menerangkan secara detil bagaimana search engine bekerja. Tapi, yang jauh lebih penting, saya akan menyinggung kenapa search engine sangat penting keberadaannya bagi anda para pebisnis internet. Rahasia 7 Tips untuk Membuat Pengunjung Betah Berada di Blog Anda

Sekarang ini ada miliaran situs web eksis di panggung internet. Situs-situs web itu pastinya berjejalan dengan topik dan subjek masalah yang berbeda-beda. Jika kita tidak menggunakan jasa search engine, apakah mungkin kita bisa mendapat informasi yang kita cari secara akurat dan cepat? Apakah kita harus mengecek semua situs web yang ada hanya untuk menemukan satu info saja? Hmmm… membayangkannya saja sudah repot ya…

Kalau saya bilang internet itu seperti gudang. Berbagai barang ada di dalamnya. Dan, search engine inilah yang bertugas mengatur barang-barang di dalam gudang tersebut agar anda mudah mencari apa yang anda mau. Anggap saja ia menyediakan semacam katalog yang mengarahkan pintu mana yang harus anda buka. Dan kemana anda harus melangkah demi menemukan barang “A” misalnya.

Nah, itulah kenapa kehadiran Yahoo! dan kawan-kawan sangat berguna bagi kita pebisnis internet. Dengan mesin pencari ini, situs web anda (barang anda) yang tertumpuk di dalam gudang bisa ditemukan oleh pengunjung dengan cepat. Tanpa search engine, tidak ada orang yang bisa tahu letak situs web anda kan? Ya… hanya anda sendiri yang bisa menemukan barang anda bukan? Cuma anda yang tahu di mana anda meletakkan barang-barang anda.

Tak mengherankan jika mesin ini bisa mengarahkan banyak traffic ke situs web. Pengunjung jadi mudah menemukan keberadaan anda. Yang lebih luar biasa, anda mendapatkan target market yang anda bidik. Kok bisa?

Ya, search engine memerlukan keyword. Dan keyword inilah yang jadi kendaraan pengunjung untuk sampai ke situs web anda. Ibarat naik bis, pengunjung tidak akan salah trayek. Artinya, anda bisa mendapat pengunjung yang benar-benar mencari informasi yang berhubungan dengan situs web anda. Inilah yang anda inginkan, bukan?

Selama anda memasukkan keyword yang benar, pengunjung tidak akan kesulitan menjumpai situs web anda. Bahkan mereka datang secara suka rela karena mereka butuh informasi yang anda punya. So, kalau sudah begitu, baru anda bisa menjaring mereka menjadi relasi atau bahkan membuat mereka membeli produk anda. Yang penting, mereka mampir dulu ke situs web anda kan? Pokoknya, dengan search engine ini anda mudah mendapatkan traffic yang jadi target anda. 3 Cara Meningkatkan Trafik Blog Dengan Mudah

Oya, satu hal lagi yang menarik. Dengan adanya search engine anda juga bisa mendapat pengunjung iseng. Maksudnya, mereka adalah pengunjung yang iseng browsing dan secara tidak sengaja menemukan situs web anda. Nah, jika memang situs web anda memiliki content dan produk yang menarik, tidak menutup kemungkinan, tukang iseng ini yang justru menjadi prospek anda.

Apalagi jika situs web anda berada di posisi top ranking. Search engine menjadi semacam iklan gratis bagi situs web anda. Sebab, anda tak perlu keluar banyak uang untuk beriklan. Yang penting, situs anda masuk dalam halaman pertama pencarian. Maka, dengan sendirinya traffic anda akan meningkat. Karena biasanya pengunjung tak mau susah payah membuka sampai hasil pencarian yang ke-100. mereka cukup buka beberapa situs web atau blog yang tampil di halaman pertama pencarian.

Tapi bagaimana caranya?

Yap, jawabnya Search Engine Optimization!

Baca Artikel:

Prinsip dasar SEO adalah anda harus memudahkan kerja search engine.

Kenapa? Ya.. simbiosis mutualisme. Kalau anda ingin dimudahkan, maka mudahkanlah orang lain. Anda sangat diuntungkan dengan adanya search engine, maka anda harus menggenjot performa situs web anda. Tujuannya, agar search engine senang dengan keberadaan situs web anda.

Jika search engine mudah mendeteksi keberadaan anda, dengan senang hati search engine akan menampilkannya di urutan terdepan pada pengunjung. Intinya, optimalkan situs web anda. Baik konten, lay out, dan navigasinya. Ini yang umum disebut Search Engine Optimization (SEO). Anda harus mengoptimalkan situs web anda agar search engine mudah mendeteksi situs web anda.

So, buatlah situs web se-atraktif mungkin. Dan pastikan konten situs web anda dideteksi oleh search engine secara benar. Biarkan mesin ini tahu bahwa konten anda itu relevan dengan keyword anda. Dan, tambahkan link lain ke situs web anda. Agar, kesempatan anda dilihat pengunjung jadi makin besar. Itu saja yang sebenarnya perlu anda lakukan. Mudah kan?

Baca Juga:

Saya yakin, kalau anda melakukannya secara konsisten, maka kerja keras anda akan terbayar. Ledakan jumlah pengunjung akan terjadi di situs web anda. Jangan pikirkan hal yang rumit tentang SEO. Anggap saja SEO itu sangat mudah. Dan lakukan saja semuanya setahap demi setahap. Abaikan cara-cara curang dalam SEO. Lakukan cara-cara yang benar saja. Dan mulailah melangkah sekarang juga!

Salam Action! Taklukkan search engine dengan SEO yang tepat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel