Inilah 9 Sumber Backlinks Berkualitas Ampuh untuk Blogger Pemula

On-page-or-Off-page-SEO
      SEO adalah proses optimasi website yang sistematik dan kompleks, dalam proses pengerjaanya terdiri dari 2 komponen yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Untuk efek masing-masing komponen tersebut berbeda-beda. Lalu komponen mana saja yang paling berpengaruh terhadap SEO? Jawaban saya adalah SEO Offpage. SEO Offpage ini dalam proses pengerjaanya yaitu berfikir bagaimana strategi untuk melakukan link building dengan natural, dari beragam sumber backlink (wiki site, situs authority, high pagerank, blog comment, forum, dan platform lainya). Di internet ada banyak sekali sumber backlink yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi sebuah halaman website, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik dan benar. 

     Untuk blogger pemula, Anda tidak harus menggunakan semua sumber backlink yang saya sebutkan di atas karena biasanya kalau sudah berurusan dengan link building mau tidak mau Anda harus mengeluarkan budget (uang) yang tentunya tidak murah. Lalu bagaimana membangun link building yang murah atau bisa dikatakan gratis? Nah untuk itu postingan ini dibuat agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.


1. Situs Institusi Pendidikan Luar Negeri .Edu /.Gov /.Mil

Backlink Edu
Situs institusi pendidikan atau pemerintahan adalah situs yang dibuat oleh sebuah perguruan tinggi dan juga pemerintahan. Di situs tersebut biasanya akan disediakan blog untuk mahasiwa yang mendaftar, sebagai contoh saya seorang mahasiswa yang kuliah di amikom.ac.id, maka saya mendaftarkan blog sutopo.blog.amikom.ac.id yang bisa dimanfaatkan untuk proses link building. Blog yang disediakan tersebut bisa digunakan untuk menanam backlink hehe. Rumornya backlink yang berasal dari situs .edu .gov atau .mil lebih berbobot dan mempunyai efek di mata google untuk mesin pencari.

Walaupun Anda tinggal di indonesia tentunya Anda juga bisa mendapatkan backlink dari situs pendidikan .edu, .gov. Bagaimana caranya? Anda cukup membeli backlink melalui jasa di website fiverr. Untuk penyedia langganan teman teman blogger biasanya disini Dino Stark.
Footprint Backlink Auto Approve 
“Isi Komentar” “(Masukkan 6 kode diatas)”
“Sekilas Info” “Statistik User” “Polling” “Lihat Hasil “
“site:.id” “(Masukkan 6 kode diatas)””
Backlink Auto Approve

2. Situs Media Sosial

Media Sosial adalah sebuah situs yang membolehkan penggunanya untuk membuat, mengedit, membagikan, dan juga berpartisipasi dalam jejaring sosial, saling berkomunikasi dari satu user ke user lainya. Backlink dari situs sosial media ini menurut beberapa sumber situs SEO terpercaya merupakan faktor yang menjadi perhitungan dalam SEO dan mesin pencari. Sosial Signal memang sangat penting untuk sebuah website.
  • Linkedin.com
  • Faceboook.com (dalam bentuk Fans Page)
  • Google+
  • About.me
  • Twitter.com
  • Pinterest.com

3. Komentar di Blog (Blog Walking)

      Blog komentar adalah salah satu kegiatan berkomentar di blog orang lain dengan mencantumkan nama, email dan juga alamat url. Blog komentar ada yang bilang sudah tidak efektif lagi terhadap SEO. Namun menurut saya ini masih berefek, tergantung Anda mendapatkan dari domain mana. Apakah dari situs yang mempunyai page rank kecil, obl (link external) banyak, dan juga berasal dari situs judi tentunya tidak akan berefek malah melukai blog Anda. Tapi carilah blog comment yang mempunyai root domain page rank (PR) tinggi, kalau bisa halaman yang ingin Anda komen tersebut mempunyai page rank.

    Saya sudah melakukan testing untuk blog komen dengan root domain page rank efeknya lumayan bisa menaikan peringkat sebuah halaman website. Blog bahasa indonesia masih banyak yang menyediakan kolom komentar tapi ada juga yang sudah diganti, ada juga yang memerlukan persetujuan dan ada juga yang tidak memerlukan persetujuan (auto approve) untuk extension domain anda bisa pilih misalnya .go.id, .co.id, sch.id, .com, .net, .org, .info, dan .org.

Bagaimana proses mencari blog comment yang bagus?
Biasanya saya mencari dengan kueri atau kata kunci di Google, teknik ini dinamakan dengan footprint, ya backlink footprint memang sangat mantab untuk mencari backlink jenis blog comment, berikut ini contoh cara saya mencari blog comment:
Footprint Backlink

4. Situs Sosial Bookmarking

      Situs sosial bookmarking adalah sebuah situs yang biasanya digunakan orang untuk menyimpan sebuah halaman website, mengorganisir, dan juga mengelola blog yang disukainya. Untuk cara mendapatkan backlink jenis sosial bookmarking ini sangat mudah, biasanya anda diharuskan terlebih dahulu untuk mendaftar, kemudian memverifikasi pendaftaran, kemudian login ke situs sosial bookmark tersebut lalu terakhir mensubmit/ mempublikasikan URL atau juga postingan blog Anda. Jenis backlink yang didapatkan biasanya dofollow atau juga nofollow tergantung rules (peraturan dan juga ketentuan ) situs sosial bookmarking tersebut.

5. Situs Berbagi Video

Video sharing online seperti YouTube.com akhir-akhir ini sudah berkembang sangat pesat hal tersebut bisa dilihat dari jumlah view video yang setiap bulanya mengalami jumlah view yang semakin meningkat. Situs sharing video online ini bisa digunakan juga untuk menanam backlink untuk blog anda ,untuk situs youtube.com anda bisa menanamnya dengan meletakan link website di bagian deskripsi video yang di-upload.

Bagaimana cara mendapatkan backlink dari situs sharing video?
Caranya tentu saja Anda harus memiliki video sendiri yang tidak melanggar hak cipta. Untuk membuat video Anda bisa menggunakan presentasi Microsoft power point yang direkam menggunakan software Camtasia dan software lainya.

Berikut ini adalah daftar situs sharing video yang bisa Anda gunakan:
Contoh Situs-Situs Berbagi Video
dailymotion.com screencast.com sonico.com
vimeo.com telly.com clipmoon.com
youtube.com wat.tv ganges.com
tmblr.co videobash.com myvidster.com
redd.it mefeedia.com 220.ro
picturepush.com tagworld.grou.ps sharevideosonline.net
photobucket.com kewego.com video-bookmark.com
tinypic.com ishare.rediff.com wideo.fr
video.fotki.com mobypicture.com zappinternet.com
videos.sapo.pt streetfire.net pixori.al
webeetv.com careercrate.com mymoviedeals.tv
businesstube.com thatshow.com thetributenetwork.com

6. Web 2.0 /Blog dummy / Free Blog Network

Web.2.0 atau yang biasanya di kenal dengan situs gratis yang memungkinkan pengguna untuk melakukan aktifitas posting/ atau menulis artikel kemudian mempublish di situs web.2.0 tersebut. Selain fitur yang gratis, web.2.0 ini tentunya bisa menjadi tempat memperoleh backlink yang bagus, kenapa? Jawabanya karena root domain tersebut sudah memiliki page rank (PR) yang tinggi. Berikut ini beberapa daftar situs web 2.0 yang bisa Anda gunakan untuk blog Anda.
  • weebly.com (PR 8)
  • webnode.com (PR 6)
  • hpage.com (PR 5)
  • blog.com (PR 6)
  • soup.io (PR 5)
  • jimdo.com (PR 8)
  • yola.com (PR 7)
  • wordpress.com (PR 9)
  • blogspot.com (PR 9)
Bagaimana cara mendapatkan backlink web.2.0 di atas?
Caranya biasanya kita harus mendaftar terlebih dahulu, selanjutnya jika sudah berhasil maka kita bisa membuat postingan di sana. Anda bisa membuat tulisan yang unik, atau melakukan spin artikel, atau rewrite, kemudian jangan lupa untuk memasukan link website Anda di postingan tersebut.

7. Authority Sites

Authority Sites adalah situs situs yang memiliki otoritas dengan berbagai fungsi dan juga berbagai macam topik yang diulas. Situs-situs tersebut biasanya menyediakan halaman profil untuk anggotanya (membernya). Di halaman profil itulah alamat website anda bisa ditanam di situs situs authority sites tersebut. Dari berbagai sumber seperti moz.com situs yang beradal dari authority sites dipercaya memiliki efek yang dahsyat untuk mendongkrak SERP sebuah website.
Berikut ini beberapa daftar situs authority site yang bisa digunakan untuk menanam link blog Anda.
Untuk situs bahasa indonesia

8. Situs Berbagi PDF

Situs PDF atau situs untuk berbagai PDF (PDF Sharing Sites) adalah situs yang digunakan untuk mempublikasikan dokumen dalam bentuk file extension .pdf, dan hebatnya link yang berada di file pdf tersebut ternyata bisa dibaca oleh mesin pencari seperti Google, walaupun tidak semua situs pdf bisa dibaca. Berikut ini adalah daftar file berbagi PDF yang bisa anda gunakan untuk membangun backlink.

9. Audio Sharing Sites

Situs Audio sharing sites adalah situs yang memungkinkan penggunya untuk mengupload mp3 mereka ke situs audio sharing sites, contohnya soundcloud.com.
Bagaimana cara mendapatkan backlink dari audio sharing sites?
  • Yang pertama tentunya anda harus mempunyai mp3 bebas dan tidak melanggar hak cipta, anda bisa rekeman sendiri kemudian di upload atau diconvert menjadi mp3.
  • Langkah selanjutnya anda mendaftar akun di situs audio sharing sites dibawah ini
Daftar situs Audio Sharing Sites
  • Reverbnation.com (PR6)
  • BandCamp.com (PR7)
  • Sutros.com (PR5)
  • YourListen.com (PR5)
  • soundcloud.com ( PR8)
Artikel Menarik: 4 Cara Memperoleh Dollar Setiap Hari Dari Adsense dengan Baik dan Aman. 

Catatan:
Dalam proses membangun link (link building) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :
  1. Perhatikan Anchor text yang mengarah ke domain Anda
    Dalam membangun link usahakan bervariasi dan menggunakan brand domain/partial keyword (keyword turunan). Anchor text adalah teks yang terlihat (terbaca) dan memiliki link (hyperlink) ketika diklik . Contohnya adalah Misal saya menulis <a href=”http://www.sutopo.com”>Blogger Jogja </a>, maka Blogger Jogja adalah anchor text. (ketika diklik maka akan menuju ke halaman sutopo.com)  detailnya anda bisa baca disini https://moz.com/learn/seo/anchor-text.
  2. Relevan
    Backlink yang menuju ke situs atau blog anda usahakan relevance atau terkait dengan topik yang di bahas di blog anda. Untuk Efeknya tentunya backlink relevance lebih bagus dibandingkan tidak relevance
  3. Contextual Links
    Contextual Link adalah link yang berada di dalam postingan diapit oleh paragraf, untuk posisi link bisa diletekan di awal postingan , tengah atau akhir. Untuk mendapatkan backlink jenis contextual link ini biasanya yaitu dengan melakukan blog post/guest post di blog orang lain .
  4. Low Outbound Links/ OBL
    Dalam Membangun link juga perlu diperhatikan ,Jika sebuah halaman terdapat banyak outbound link (link keluar) tentunya tidak ada efek yang begitu besar untuk ditransfer ke domain kita yang berada di halaman tersebut sehingga link juice yang didapat hanya sedikit karena dibagi bagi dengan domain yang berada dihalaman yang sama. Jika anda mendapatkan backlink dari low outbound link , maka tentunya backlink yang didapat dari halaman tersebut lebih power full karena link juice langsung masuk ke blog/website Anda.
Baca juga:
 1. 8 Kriteria Blog Yang Disukai Google
 2. Template Seo Friendly Responsive Untuk Blogger Update 7 Maret 2016.
 
Sebenarnya masih banyak beberapa point yang ingin dibahas mengenai sumber backlinks untuk keperluan SEO sebuah website. Untuk lebih lengkapnya mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk belajar SEO dengan bergabung di SekolahPintar.com. Semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber:  Maxmanroe.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel