5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging-nya

blogger menghasilkan uang 
Apakah Anda seorang #blogger? Dan apakah Anda sudah menghasilkan uang dalam aktivitas Anda tersebut? Sebagai seorang blogger memang akan lebih mengasyikkan jika kita mampu menghasilkan uang dalam kegiatan ini. Dalam blogging (kegiatan mengelola blog) memang kita bisa mendapatkan uang dengan cara monetisasi. Namun bagaimana cara atau tahapan bagi blogger menghasilkan uang dari kegiatan bloggingnya? Berikut ulasannya. 

1. Pembuatan Blog

Tahap pertama seorang blogger menghasilkan uang adalah dengan membuat blog. Tentu saja kita harus memiliki blog untuk memulai monetisasi. Namun ada beberapa strategi yang perlu Anda terapkan untuk membuat blog yang menghasilkan yaitu :
  • Mengenali calon pembaca blog kita
  • Membuat niche blog yang baik dan sesuai dengan passion atau kemampuan kita
  • Membuat blog dengan responsive template
  • Memposting sesuatu yang menarik dan disukai pembaca
Artikel lain: Cara Mudah Posting Artikel diBlog untuk Pemula Hingga Mahir

2. Mendapatkan 100 Orang Pengunjung Blog Setia

Untuk bisa mendapatkan uang atau menjadikan tahapan #monetisasi berhasil Anda tidak bisa hanya mengandalkan strategi dari dalam saja. Anda harus juga keluar mencari jaringan untuk menjaring pembaca dan pengunjung blog Anda. Karena semakin banyak pengunjung dan pembaca, maka itu artinya traffic Anda akan semakin tinggi dan akhirnya kemungkianan atau peluang Anda untuk menghasilkan uang dari blog makin besar.

Lalu bagaimana caranya  untuk bisa mendapatkan jumlah pengunjung blog setia yang banyak? Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan :
  • Menjadi penulis tamu di blog orang lain
Menjadi penulis tamu (guest blog) di blog orang lain akan membuat blog Anda lebih banyak dikenal lebih luas. Mengapa bisa demikian? Sebab ketika Anda menulis konten di blog, Anda akan mendapatkan link yang bisa Anda tujukan ke blog Anda. Selain akan membuat blog Anda lebih dikenal, Anda juga akan mampu menjadi lebih dikenal sebagai penulis yang baik.

  • Blogwalking

Aktivitas seorang blogger memang tidak hanya terbatas memposting dan mengatur widget dan template. Namun lebih dari itu Anda harus beraktivitas dengan sesama blogger dengan melakukan blogwalking. Saat Anda melakukan #blogwalking (berkunjung ke blog-blog lain), maka Anda akan mendapatkan banyak teman (blogger) dan juga mendapatkan kunjungan balik yang mampu meningkatkan traffic.
  • Promosi Di Google Adword

Jika Anda memiliki dana yang lebih, Anda bisa menggunakan promosi Google Adword untuk bisa menghasilkan pengunjung blog lebih banyak. Teknik ini dilakukan dengan memasang iklan berbayar di Google. Dengan cara promosikan blog melalui PPC ini kita akan lebih mudah mendapatkan trafik serta membangun kepercayaan dan kredibilitas terhadap blog kita.
  • SEO dan media sosial
 
Teknik lain untuk meningkatkan pengunjung adalah dengan cara memaksimalkan SEO dan media sosial. #SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah strategi menempatkan posisi blog atau website kita diurutan yang paling strategis (halaman utama) dari sebuah mesin pencarian. Dengan berada di lokasi yang strategis maka Anda pun akan cepat mendapatkan pengunjung dari sebuah pencarian. Media sosial juga tidak boleh Anda lupakan. Bangun fan page sebuah media sosial yang efektif hingga blog Anda mampu dikenal luas dan mampu mendapatkan traffik yang baik.

3. Membangun Otoritas Blog

Membangun otoritas blog adalah membangun konsistensi blog secara teratur. Layaknya sebuah bisnis, tentu Anda tak ingin kehilangan konsumen atau pengunjung blog setia Anda. Maka dari itu Anda perlu konsisten membuat konten yang baik dan mempostingnya secara rutin.

Baca Juga:

4. Mulai Monetisasi

Setelah  dirasa cukup untuk sebuah traffic, Anda bisa langsung memulai tahapan monetisasi. Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense atau Anda juga bisa memilih pola bisnis blog lain yang sesuai dengan minat dan keinginan sahabat.
Jenis bisnis atau monetisasi dari blog ini sendiri selain Google Adsense antara lain menjadi affliate marketing, menjadi publisher PPC, buzzer, endorsement, space iklan atau menjual produk Anda sendiri. Pilihlah yang menurut Anda paling baik dan paling mudah untuk di jalankan.

5. Mendapatkan Bayaran

Terakhir tahapan proses blogger menghasilkan uang ya tentu saja mendapatkan bayarannya. Jumlah bayaran yang Anda terima sendiri bergantung pada strategi monetisasi yang Anda jalankan. Anda bisa mendapatkan bayaran ini setelah semua kerja keras Anda lakukan. Ingat proses ini bukanlah proses instan. Anda harus berjuang dan bekerja dengan keras hingga bisa membuat blog Anda menghasilkan uang.

Oke mungkin segini saja Artikel yang dapat saya bagikan buat kalian semua, semoga bermanfa'at . baca juga berbagai macam artikel menari dari blog saya.
Sumber: Maxmanroe

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel