Trik Edan Mengalahkan Pesaing Bisnis Baru 2016

6:46 AM
Trik-edan-Mengalahkan-Pesaing-Bisnis
Persaingan bisnis memang bisa menjadi sangat sengit, apalagi bila memang persaingan dilakukan oleh dua pihak. Seperti duel pada pertandingan gulat di televisi saja. Sebenarnya Anda bisa melakukan hal curang seperti membakar dan merusak tempat produksi atau kantor milik pihak kompetitor.

Namun sebaiknya Anda jangan melakukan hal demikian karena itu adalah perbuatan pecundang, licik dan Anda tidak akan ada bedanya dengan penjahat kelas teri. Untuk mengalahkan pihak kompetitor dan memenangkan bisnis cukup dilakukan dengan cara-cara yang fair atau cara-cara yang sportif. Bukannya mendapatkan keuntungan, mungkin perusahaan Anda akan dicap sebagai perusahaan perusuh. Dalam artikel ini kami akan memberi trik yang bisa dibilang cukup ‘edan’ untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Pemasaran yang Gila-Gilaan

Jangan pernah merasa sayang kehilangan banyak uang demi strategi pemasaran. Relakanlah sebagian penghasilan Anda untuk proyek pemasaran bisnis Anda. Bagaimana pun juga konsumen perlu mengetahui apa yang Anda jual, bagaimana kualitas produk yang dijual dan berapa harganya. Pemasaran pastinya identik dengan pengiklanan dan promosi.
Lakukan startegi marketing dimana pun sekiranya berpotensi mendatangkan konsumen baik secara offline maupun online. Semakin gencar melakukan pemasaran semakin baik, meski Anda harus merelakan beberapa rupiah untuk hal ini. Perlu diingat juga, iklan yang kreatif bisa membuat orang lebih tertarik dengan produk Anda.

2. Memberi Lebih Dibandingkan Kompetitor

Memberikan hal yang lebih dibandingkan apa yang diberikan pihak kompetitor kepada pelanggan. Niscaya Anda akan lebih cepat memenangkan persaingan. Sebagai contoh, Anda memiliki bengkel mobil dan setiap pelanggan yang datang untuk service mobil diberikan layanan tambahan seperti pencucian hingga bersih.
Terdengar unik bukan? Hanya saja dalam hal ini Anda harus cerdas memperhitungkan biaya operasional agar tidak merugi. Ide-ide ‘gila’ semacam ini dijamin akan membawa Anda pada kesuksesan berbisnis karena pelanggan bengkel lain akan pindah ke bengkel Anda.

3. Menyediakan Banyak Pilihan Produk

Kelengkapan produk menjadi hal yang bisa menarik konsumen untuk datang. Sebagai contoh toko pesaing Anda menyediakan produk gitar dari 3 merek, sedangkan Anda menyediakan 5 merek dengan jenis yang banyak. Tentu orang lebih tertarik pada toko yang menyediakan banyak pilihan. Memang akhirnya membuat Anda harus mengeluarkan modal lebih banyak.

4. Berikan Layanan Purna Jual

Layanan purna jual sepertinya menjadi wajib Anda berikan dengan biaya semurah-murahnya, atau bahkan seharusnya gratis. Bagi Anda yang belum tahun layanan purna jual, ini adalah jasa yang ditawarkan dari pihak produsen atau penjual kepada konsumennya seusai transaksi jual-beli sebagai jaminan mutu pada produk yang dimiliki.
Sebagai contoh adalah layanan pemeriksaan, perbaikan, atau penggantian barang bila terjadi masalah. Umumnya layanan ini sering diberikan oleh pebisnis barang elektronik atau barang-barang bermesin lain.

5. Rekrut SDM dari Pihak Kompetitor

Cara ini memang kontroversial, namun sepertinya cukup efektif untuk memenangkan persaingan bisnis dan lazim dilakukan perusahaan-perusahaan besar. Ya, dengan merekrut SDM yang dimiliki kompetitor Anda bisa mengetahui kelemahan pesaing dan mendapatkan keunggulan dari pesaing.
Dengan merekrut seorang karyawan yang direkrut dari perusahaan pesaing Anda, biasanya Anda harus menggajinya lebih tinggi. Mungkin ceritanya akan mirip seperti seorang agen intellijen KGB yang direkrut untuk bergabung ke CIA.

6. Menguasai Perusahaan Pesaing Anda

Cara selanjutnya yang tidak kalah ‘edan’, yakni mengakuisisi bisnis milik pesaing Anda. Dengan demikian Anda secara total menang dalam persaingan bisnis karena pesaing Anda sudah menjadi milik Anda. Sebenarnya ini adalah cara lama dan sudah banyak dilakukan, utamanya untuk perusahaan yang sudah berkembang besar.

Artikel terkait :
 Mungkin Anda sudah pernah mendengar bagaimana akhirnya perusahaan otomotif Toyota yang mengakuisisi perusahaan pesaingnya Daihatsu beberapa tahun yang lalu. Atau mungkin perusahaan pengembang video game terkenal Ubisoft yang akhirnya membeli perusahaan pengembang Future Games of London. Bukan hanya perusahaan kelas besar saja, untuk usaha kecil juga bisa dilakukan hal semacam ini.
Selamat bersaing dalam dunia bisnis.
semoga Bermanfa'at, Terimakasih Sudah Membaca Artikel Ini.

Tag: Bisnis Online

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Pilihan