Kenapa Pendapatan Google Adsese Hanya Berkisar $0? Terus Ini Solusinya.

9:50 AM
Mimpi mendapatkan beribu-ribu dolar membayangi angan-angan para Publisher Adsense. Inilah jalan menuju kebebasan finansial. Yes! Mereka pun bersemangat melamar AdSense berulang-ulang, meskipun ditolak dan ditolak lagi. Ketika sudah mendapatkan akun AdSense mereka melongo. Sebab penghasilannya dari hari ke hari, bulan ke bulan bertengger di angka $0. Dan Baca Artikel Kemarin 5 Tips Google Adsese Untuk Tingkatkan Penghasilan.

Perbaiki ekspektasi

Para AdSense Publisher pemula biasanya memiliki ekspektasi yang keliru. Sebab mereka tidak memiliki bayangan tentang target yang harus mereka capai. Selain itu AdSense bukanlah cara cepat menjadi kaya.
Ditambah, terkadang mereka membaca artikel-artikel seperti Cara Mendapatkan $100 per Hari dari AdSense dengan Mudah yang ditulis oleh orang-orang yang belum mendapatkan $100 per hari.

Berapa banyak trafik yang diperlukan untuk menghasilkan $100/bulan?

Mari kita sedikit realistis dan menuju ke urusan angka. Pada dasarnya penghasilan Anda tergantung dari 3 hal:
  1. Jumlah pengunjung
  2. CTR (Click Through Rate) – Berapa persen dari total pengunjung yang klik iklan.
  3. CPC (Cost per Click) – Uang yang Anda dapatkan per klik.
PENGUNJUNG x CTR x CPC = $$$
Mari kita jangan bicara berpenghasilan muluk-muluk. Katakanlah target pertama kita $100 per bulan. Itu adalah jumlah minimum untuk bisa tarik uang dari AdSense.
PENGUNJUNG per bulan = $100 / (CTR x CPC)
Kasus terburuk, CTR hanya dapat 0.50% atau bahkan bisa lebih rendah. Untuk blog berbahasa Indonesia anggap saja rata-rata CPC $0.08 per klik. Yah, angkanya memang sadis, bahkan bisa lebih sadis lagi.
Berapakah total jumlah pengunjung per bulan dan per hari yang dibutuhkan untuk menghasilkan $100 per bulan?
PENGUNJUNG per bulan:
$100 / (0.50% x $0.08)
Hasilnya:
250.000 orang
PENGUNJUNG per hari:
250.000 / 30 hari
Hasilnya
8.333 orang
Yah bisakan Anda menarik 8.333 orang tiap harinya?
Tentu angka ini bisa berubah kalau Anda bisa meningkatkan faktor-faktor penentu di atas. Misalnya jika Anda bisa meningkatkan CTR sebanyak 2x, maka kebutuhan trafik akan berkurang setengahnya. Bila CPCnya meningkat, maka kebutuhan akan visitor akan lebih rendah lagi.

Hadapi kenyataan

Dalam menghasilkan uang kita harus menghadapi kenyataan. Beberapa realita dalam AdSense adalah:

#1
Nilai rata-rata CPC iklan tiap negara berbeda – beda

Berapa uang yang Anda dapatkan dari setiap klik, tergantung dari seberapa berani pemasang iklan Google keluar uang. Semakin besar, maka semakin besar pula penghasilan Anda.
Kebiasaan belanja para pengusaha di masing-masing negara berbeda-beda sehingga rata-rata CPC iklan-iklannya tidak sama.  Menurut WordStream, Emirat Arab memiliki rata-rata CPC 8% di atas AS. Indonesia, 62% di bawah AS.
10 negara peringkat teratas dengan rata-rata CPC tertinggi beserta bahasa yang digunakan, di luar Emirat Arab dan AS, adalah:
  1. Austria – bahasa Jerman
  2. Australia -bahasa Inggris
  3. Brazil – bahasa Portugis
  4. The United Kingdom – bahasa Inggris
  5. New Zealand – Maori & bahasa Inggris
  6. Chile – bahasa Spanyol
  7. Switzerland – bahasa Jerman, Perancis, Italia dan Romansh
  8. Italy – bahasa Italia
  9. Canada – bahasa Inggris
  10. Germany – bahasa Jerman
Ternyata 6 dari 10 negara menggunakan bahasa Inggris, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan bahasa tersebut untuk menarik visitor dari negara-negara tersebut. Dengan demikian iklan yang tampil juga akan berasal dari negara-negara ber-CPC iklan tinggi.

#2
Potensi nilai rata-rata CPC setiap niche berbeda

Seperti dikatakan di atas, besaran nilai CPC iklan tergantung pada besaran belanja pemasang iklan. Untuk barang atau jasa yang nilainya jutaan, biasanya memungkinkan pengusaha untuk keluar uang lebih banyak demi mendapatkan pelanggan melalui iklan.
Jadi biarpun Anda menarik pengunjung dari AS, CPC iklan di niche yang berkaitan dengan kesehatan bisa berbeda dengan niche tentang agama.

3#
Sebagian niche memiliki CTR yang rendah

Ada niche yang kurang cocok untuk AdSense, misalnya niche tentang AdSense atau tentang blogging. Sebab pengunjungnya adalah orang-orang yang melek dan melihat iklan setiap harinya. Mereka telah terlatih untuk mengacuhkan iklan.
Blog-blog yang berkaitan dengan produk dan jasa memiliki kesempatan sukses yang lebih tinggi. Sebab relevansinya dengan iklan produk/jasa juga lebih tinggi.
Bukan berarti Anda tidak bisa sukses dengan niche di luar itu, tetapi Anda akan butuh trafik yang luar biasa banyak, melebih angka yang saya tulis di atas.

#4
Tidak semua orang bisa membuat konten hebat

Blog yang berhasil biasanya memiliki konten yang berguna atau menghibur. Blog berkualitas biasanya dikelola oleh seorang expert. Oleh karena ia bisa bercerita banyak hal yang insightful, sebab ia mengerti banyak hal.
Tapi kenyatannya tidak semua orang memiliki keahlian di bidang tertentu.
Tidak apa-apa Anda bisa membuat blog yang berisi tentang perjalanan Anda dalam mencapai sesuatu.
Misalnya:
Anda kelebihan berat badan, lalu Anda ingin menguruskan badan. Anda dokumentasikan semua yang Anda lakukan untuk mencapai berat yang Anda inginkan.
Sebagaimana Anda tahu, banyak orang yang berjuang untuk bisa kurus. Dan mereka tidak tahu caranya. Orang-orang ini bisa saja mengikut proses perjalanan Anda. Dan saat berhasil, semakin banyak orang yang ingin tahu caranya.
Cara ini seperti sudah dilakukan oleh orang-orang seperti:
  1. Patt Flyn dengan situs GreenAcademyExam.com
    Awalnya dia membuat blog itu untuk membantunya belajar untuk melewati suatu ujian sertifikasi. Ternyata banyak orang yang membaca catatannya. Akhirnya dari situ ia membuat produk sendiri tentang cara melewati ujian itu dan menghasilkan pendapatan online pertamanya.
  2. Leo Babauta dengan zenhabits.com.
    Dia adalah orang yang awalnya memiliki hidup yang beratakan. Namun perlahan-lahan,  ia mengubah kebiasaannya dengan Zen. Ia berhenti merokok, belajar lari marathon, belajar makan makanan yang sehat, ia dokumentasikan itu di dalam blognya. Orang-orang ingin belajar darinya, sebab mereka ingin hidup mereka jadi lebih baik.

#5
Para blogger senior banyak gagal dan telah ngeblog bertahun-tahun

Banyak AdSense Publisher pemula yang baru ngeblog 2 bulan, sudah mengeluh. Kenapa ya tidak ada yang klik iklan saya. Pertama lihat dulu perhitungan di atas. Selanjutnya belajar dari yang senior. Darren Rowse dulu memiliki blog sampai 30 buah. 28 diantaranya gagal dan hanya 2 yang berhasil berkembang, Problogger dan Digital Photography School.
Menurut Darren kemungkinan diperlukan waktu 1-3 tahun untuk berhasil. Namun itu pun tidak pasti.
Patt Flyn butuh proses 1,5 tahun lebih untuk bisa mulai menghasilkan dari online.

Tag : Bisnis Online

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Pilihan