Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor

10:27 PM



Salah satu tahapan penting dalam digital marketing khususnya aktivitas SEO adalah menganalisa website kompetitor. Hal tersebut berguna untuk mengetahui lebih jauh kekuatan kompetitor kita dalam hal backlink, domain hingga perkiraan traffic sehingga akan membantu agar strategi SEO yang kita lakukan lebih terarah.

Berikut ini merupakan beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk menganalisa kekuatan kompetitor :

Analisa jumlah pencarian brand kompetitor
Merupakan jumlah pencarian kata kunci brand kompetitor anda yang dilakukan oleh pengguna internet dalam rentang waktu satu bulan.

Untuk hal tersebut kita bisa menggunakan banyak tools gratis seperti Google Keyword planner, seo book keyword tool dan lain-lain ( anda dapat membaca penjelasan mengenai hal tersebut di artikel 15 tools untuk melacak penggunaan kata kunci di mesin pencari )
Dalam hal ini saya ambil contoh di industri website pembanding harga pricebook.co.id dan id.priceprice.com.
pricearea
pricebook
Seperti kita lihat diatas di indonesia berdasarkan data dari google keyword tools average monthly search ( rata-rata pencarian bulanan ) untuk brand pricearea berjumlah 880 pencarian, sedangkan untuk pricebook berjumlah 720 pencarian per bulan.
Berdasarkan data tersebut : kita mengetahui bahwa untuk pencarian brand website pembanding harga , pricearea lebih populer dibandingkan dengan Pricebook.

Estimasi Pengunjung Website Kompetitor
Cukup banyak tools gratis untuk mengecek estimasi traffic web kompetitor seperti simillarweb atau Semrush. Saya akan menggunakan similarweb untuk menganalisa data kedua web diatas.
pricebook traffic
Estimated visit pricebook : 160.000/bulan dengan 72% traffic berasal dari search engine
pricearea traffic
Estimated visit pricearea : 1.750.000/bulan dengan 10.83% traffic berasal dari search engine
Perlu diingat bahwa data traffic tersebut hanyalah estimasi, namun pada beberapa statistik website di similarwer seperti Pricearea, ada juga yang mengkoneksikan datanya dengan google analytics ( dengan ikon verified warna hijau).
Berdasarkan data tersebut : kita dapat memprediksi bahwa jumlah kunjungan/traffic price area lebih besar dibandingkan dengan pricebook.
Pengecekan Domain authority Kompetitor
Tools untuk pengecekan domain authority secara gratis adalah tools open search explorer milik Moz.
ose pricebook
Domain authority pricebook 35/100
ose pricearea
Domain authority pricearea 42/100
Untuk domain authority, kita bisa melihat bahwa pricearea memiliki domain authority yang lebih besar apabila dibandingkan dengan pricebook.

Pengecekan Trust Flow Kompetitor
Trust flow merupakan indikator yang dapat kita cek secara gratis di Majestic.com. Trust flow merupakan sebuah metriks yang dibuat sebagai parameter seberapa besar nilai kepercayaan dari sebuah link berdasarkan dari kualitas backlink yang pointing ke link tersebut.
trust flow pricebook
Trust Flow Pricebook
trust flow pricearea
Trust Flow Pricearea
Untuk trust flow kedua website tersebut, pricearea memiliki nilai trust flow yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pricebook.
Jumlah eksternal link Dan Linking Root Domain
Untuk jumlah eksternal link atau yang secara umum dikenal dengan istilah backlink, sedangkan lingking root domain adalah jumlah keseluruhan domain dari eksternal link berasal. Untuk mengecek ke dua hal tersebut kita juga bisa menggunakan ahrefs.com ataupun tools Open site explorer milik Moz.com
backlink pricebook
backlink pricearea
Berdasarkan hasil dari OSE (Open Site Explorer ) kita bisa melihat bahwa pricearea lebih unggul dibandingkan dengan Pricebook dalam masalah eksternal link dan total lingking domain.
Jumlah pencarian dari kata kunci brand antara pricebook dan pricearea berdasarkan data dari google keyword planner memiliki selisih yang tidak terlalu banyak, namun apabila kita lihat dari estimasi traffic yang datang ke kedua website tersebut, Pricearea memiliki jumlah traffic yang cukup besar apabila dibandingkan dengan pricebook.
Kita juga bisa mengetahui sumber traffic terbesar untuk Pricearea berasal dari direct traffic bukan berasal dari search traffic. Hal tersebut didukung oleh domain authority, trust flow, eksternal link dan lingking domain Pricearea hampir 4 kali lipat dari Pricebook.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Pilihan