Ini Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

2:14 PM
Dengan semakin banyaknya jumlah pengguna internet yang berbanding lurus dengan jumlah website yang ada di Internet, berdasarkan hal tersebut peranan search engine atau mesin pencari sebagai sumber pengumpul informasi di dunia maya pun menjadi signifikan. Berbicara mengenai mesin pencari tentunya tidak dapat dipisahkan dari istilah SEO yang akhir-akhir ini semakin banyak dibicarakan oleh banyak orang terutama oleh para webmaster dan pakar internet marketer.

Pengertian SEO / Search Engine Optimization

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuai dengan judul diatas yaitu Belajar SEO Untuk Pemula, yang merupakan post pertama saya di kategori teknik SEO, untuk anda yang pemula di dunia SEO pasti banyak bertanya – tanya “apa itu seo?” “apakah seo jenis mamalia baru? atau apalah pertanyaan yang pastinya banyak bermunculan di benak hati anda yang paling dalam, dan disini akan saya jelaskan mengenai Apa itu SEO, Apa keuntungannya?, ada berapa jenis SEO?, dan lain-lain.

Apa itu SEO?

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.
Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Contoh SEO

Saya mempunyai sebuah artikel di website ini yaitu “Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencarian Google”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.
Search engine optimization atau SEO merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kunjungan (traffic) ke suatu website, baik dalam meningkatkan jumlah/kuantitas maupun kualitas yang berasal dari mesin pencari ( organic search ) dengan menargetkan kata kunci tertentu.
Berdasarkan pengertian SEO di atas maka terdapat 3 kata kunci yaitu : Jumlah/kuantitas dari traffic , kualitas traffic dan organic search traffic.
Jumlah/kuantitas traffic : semakin banyak traffic yang datang ke website anda yang berasal dari mesin pencari, tentunya hal tersebut akan berdampak positif terhadap website bisnis anda baik dalam mengoptimalkan branding maupun memperkenalkan produk/jasa yang anda tawarkan.

Kualitas traffic : meskipun website anda memiliki traffic yang sangat banyak, tapi tidak berkualitas tentunya hal tersebut dapat menjadi masalah untuk anda. Seperti misalnya pengguna internet yang datang karena ingin membeli laptop namun website bisnis anda sebenarnya adalah website layanan reparasi laptop, tentunya potensi untuk terjadinya transaksi sangatlah kecil.

Lalu apa yang dimaksud dengan organic search ? Traffic yang berasal dari mesin pencari dibagi menjadi 2 jenis yaitu organic search dan paid search. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat ilustrasi berikut :
seo organic paid search
Seperti anda lihat pada gambar di atas, paid search berada di dalam kotak berwarna biru sedangkan organic search berada di kotak berwana kuning.
Traffic yang berasal dari paid search adalah traffic yang mengharuskan anda membayar untuk hal tersebut, dalam hal ini adalah penggunaan google adwords dimana anda membayar sesuai dengan jumlah klik yang telah ditetapkan.
Sedangkan traffic yang berasal dari organic search adalah traffic yang bisa anda dapatkan tanpa harus membayar karena website anda berada di peringkat teratas berdasarkan kata kunci tertentu.

Bagaimana Proses SEO

Google memiliki bot yang melakukan crawling yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari website-website yang ada di internet, kemudian informasi tersebut dikumpulkan untuk selanjutnya melakukan proses index. Setelah proses tersebut selesai maka google akan menampilkan informasi tersebut berdasarkan kata kunci dengan sistem peringkat. Lebih lengkap mengenai proses crawling, indexing dan rangking lebih lengkapnya dapat anda lihat disini :

Pada proses di atas, google menggunakan algoritma ( yang selalu mereka update dengan tujuan untuk memperbaiki hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang digunakan), dan algoritma tersebut menghasilkan rangking factor ( faktor penyebab suatu website dapat memperoleh peringkat terbaik di mesin pencari ).

Keuntungan Melakukan SEO

Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :

1# Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2# Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3# Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

 Terimakasih Semoga Bermanfa'at buat pembaca setia Mahendra Tutorial, Salam Sukses.

Tag: Belajar SEO, Post Artikel

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments

Artikel Pilihan